fbpx

Tips Mencari Informasi Lowongan Kerja dan Kirim Lamaran Kerja

cara cari pekerjaan dan kirim lowongan kerja

Cari lowongan kerja bukanlah tugas yang mudah. Namun, dengan beberapa tip dan trik yang tepat, kamu bisa menemukan informasi lowongan kerja yang sesuai dengan keinginanmu.

cara cari pekerjaan dan kirim lowongan kerja

Cari Info Lowongan Kerja

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba:

  1. Buat profil LinkedIn: LinkedIn adalah salah satu platform jejaring sosial profesional terbesar di dunia. Dengan membuat profil LinkedIn yang baik, kamu bisa menunjukkan kemampuan dan pengalaman kerjamu kepada perusahaan dan rekruter. Selain itu, LinkedIn juga memiliki fitur “Jobs” yang memungkinkanmu untuk melihat lowongan kerja yang tersedia di perusahaan-perusahaan yang kamu minati.
  2. Gabung dengan grup Facebook: Di Facebook, terdapat banyak grup-grup yang dibuat khusus untuk membagikan informasi lowongan kerja. Kamu bisa mencari grup-grup tersebut dengan kata kunci seperti “lowongan kerja”, “karir”, atau “loker“. Setelah bergabung dengan grup tersebut, kamu bisa mendapatkan update terbaru tentang lowongan kerja yang tersedia.
  3. Ikuti perusahaan yang kamu minati di media sosial: Banyak perusahaan yang memposting lowongan kerja di media sosial seperti LinkedIn, Twitter, dan Instagram. Jadi, pastikan untuk mengikuti perusahaan-perusahaan yang kamu minati di media sosial agar selalu mendapatkan update terbaru tentang lowongan kerja yang tersedia.
  4. Berlangganan newsletter: Beberapa situs lowongan kerja menyediakan layanan newsletter yang bisa kamu berlangganan. Dengan berlangganan newsletter, kamu akan mendapatkan email yang berisi informasi lowongan kerja terbaru sesuai dengan keinginanmu.
  5. Jalin relasi dengan orang-orang di industri yang kamu minati: Tidak semua lowongan kerja dipublikasikan di internet atau media sosial. Banyak lowongan kerja yang hanya diberitahukan kepada orang-orang di dalam industri tersebut atau hanya diberitahukan kepada teman dekat perusahaan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk bertanya kepada teman atau saudara yang bekerja di industri yang kamu minati apakah mereka tahu lowongan kerja yang tersedia.

Tips Mengirim Lamaran Kerja

Kirim lamaran kerja merupakan tahap penting dalam proses melamar pekerjaan. Bagaimana cara yang benar untuk mengirim lamaran kerja? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan:

  1. Pastikan dokumen lamaran kerjamu lengkap: Dokumen lamaran kerja yang biasanya dibutuhkan adalah surat lamaran, CV (Curriculum Vitae) atau resume, dan foto. Pastikan untuk memasukkan informasi yang relevan dan up-to-date, serta sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang dilamar. Jangan lupa untuk mengecek kembali dokumen lamaran kerjamu sebelum mengirimkannya untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan atau kesalahan informasi lainnya.
  2. Sesuaikan surat lamaran dengan posisi yang dilamar: Surat lamaran merupakan salah satu bagian terpenting dari dokumen lamaran kerjamu. Pastikan untuk menuliskan surat lamaran yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Jelaskan mengapa kamu cocok dengan posisi tersebut dan bagaimana kemampuan dan pengalaman kerjamu bisa memberikan manfaat bagi perusahaan.
  3. Sertakan informasi kontak yang dapat dihubungi: Pastikan untuk memberikan informasi kontak yang dapat dihubungi seperti nomor telepon dan alamat email. Ini akan memudahkan perusahaan untuk menghubungimu jika ternyata kamu lolos seleksi.
  4. Kirim lamaran kerjamu sesuai dengan format yang ditentukan: Beberapa perusahaan mungkin memiliki format khusus untuk menerima lamaran kerja, seperti melalui email atau melalui portal online. Pastikan untuk membaca instruksi yang diberikan dengan seksama dan mengirim lamaran kerjamu sesuai dengan format yang ditentukan.
  5. Tunggu jawaban dari perusahaan: Setelah mengirim lamaran kerjamu, jangan lupa untuk menunggu jawaban dari perusahaan. Jika kamu tidak mendapatkan jawaban dalam waktu yang telah ditentukan, kamu bisa menghubungi perusahaan untuk menanyakan kemajuan lamaran kerjamu. Namun, jangan terlalu sering menghubungi perusahaan karena ini bisa menjadi tidak nyaman bagi mereka.
  6. Siapkan diri untuk wawancara: Jika kamu lolos seleksi dan dipanggil untuk wawancara, pastikan untuk menyiapkan diri dengan baik.

Perhatian !!!

Kami tidak pernah meminta imbalan atau biaya dalam bentuk apapun terhadap rekrutmen disitus ini, apabila ada pihak yang mengatasnamakan kami atau perusahaan meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau pendaftaran atau yang lainnya bisa dipastikan itu adalah PALSU dan termasuk dalam tindak Pidana PENIPUAN. Semua informasi yang kami sediakan adalah GRATIS, tidak dipungut biaya sedikitpun baik itu PENYEDIA KERJA maupun PENCARI KERJA

Leave a Comment